Jumat, 09 Desember 2016

Pengajaran Matematika di SD



     pengajaran matematika adalah proses membantu siswa mempelajari matematika dengan menggunakan perencanaan yang tepat, mewujudkan sesuai kondisi yang tepat pula sehingga tercapai hasil yang memuaskan. Hasil tersebut merupakan tujuan pembelajaran yang harus direncanakan dengan tepat oleh guru
Pendekatan dan strategi pembelajaran hendaknya mengikuti kaidah pedogolgi secara umum, yaitu pembelajaran diawali dari kongkret ke abstrak, dari sederhana ke kompleks, dari yang mudah ke sulitdengan menggunakan berbagai sumber belajar.Secara khusus, pendekatan masalah merupakan fokus dalam pembelajaran matematika. Masalah matematika dapat diklasifikasikan kedalam dua jenis, yaitu:
a.       Soal mencari (problem to find), yaitu mencari, menentukan atau mendapatkan nilai atau objek tertentu yang tidak diketahui dalam soal dan memberi kondisi atau syarat yang sesuai dengan soal.
b.      Soal membuktikan (problem to prove), yaitu prosedur untuk menentukan apakah suatu pernyataan benar atau tidak benar
Berbagai keterampilan diperlukan untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah antara lain:
1)      Memahami soal;
2)      Memilih pendekatan atau strategi;
3)      Menyelesaikan model;
4)      Menafsirkan solusi.
Dalam pembelajaran, guru dapat mengkombinasikan berbagai strategi belajar mengajar di dalam kelas, seperti:
1)      Ekspositori atau ceramah, yaitu suatu metode mengajar dalam penyajian pelajaran yang dilakukan oleh guru dengan penjelasan lisan secara langsung kepada siswa
2)      Penyelidikan atau penemuan sendiri, yaitu melatih peserta didik untuk menemukan konsep dan menyelesaikan sendiri berbagai konsep dan pemecahan masalah matematika.
3)      Pengelolaan peserta didik, yaitu dengan tugas mandiri dan tugas kelompok.
4)      Penugasan, yaitu pemberian tugas kepada peserta didik untuk mencari informasi dan jawaban sendiri.
5)      Permainan, yaitu mengenalkan atau menggunakan konsep matematika melalui berbagai bentuk permainan.

DAFTAR PUSTAKA
Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar.
Jakarta:PT. Rineka Cipta.
Haryanto. 2012. Pengertian pendidikan Menurut Para Ahli, (online),
(http://belajarpsikologi.com /, diakses 25Desember 2015 pukul 11:10).
Tirtarahardja, Umar. 2003. Pengantar pendidikan.PT. Rineka Cipta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar