Kamis, 01 Desember 2016

Apa sih Kurikulum Itu ?



            Kurikulum sepertinya sudah tidak asing lagi terdengar di telinga, salah satu hal yang sanngat berpengaruh terhadap keberhasilan pendidikan. Jika membahas pengertian kurikulum pastinya setiap individu, kelompok masyarakat hingga para ahli dalam dunia pendidikan memiliki penafsiran yang berbeda-beda mengenai kurikulum.
            Dalam Pasal 1 butir 19 UU Nomer 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, mendefinisikan kurikulum sebagai berikut.
“Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu”
Dalam dunia pendidikan, istilah kurikulum yang digunakan mengandung arti sebagai sejumlah pengetahuan atau mata pelajaran yang harus ditempuh atau diselesaikan siswa untuk mencapai satu tujuan pendidikan atau kompetensi yang ditetepakan.Sebagai tanda bukti bahwa peserta didik telah mencapai standar kompetensi tersebut adalah dengan sebuah ijazah atau sertifikat yang diberikan kepada peserta didik.
Menurut Dakir (2004:3), Kurukulum ialah suatu program pendidikan yang berisikan berbagai bahan ajar dan pengalaman belajar yang diprogramkan, direncanakan dan dirancangkan secara sistematik atas dasar norma-norma yang berlaku yang dijadikan pedoman dalam proses pembelajaran bagi tenaga kependidikan dan peserta didik untuk mencapai tujuan.
Selain yang dijelaskan didalam UU Sistem Pendidikan Nasional, terdapat pula pengertian kurikulum yang di kemukakan oleh beberapa ahli, sebagai berikut:
William B. ragan
Kurikulum ialah semua pengalaman anak yang menjadi tanggung jawab sekolah.( Dakir, 2004:4)

Robert S. Flaming
Menurut Robert, kurikulum pada sekolah modern dapat didefinisikan seluruh pengalaman belajar anak yang menjadi tanggung jawab sekolah. ( Dakir, 2004:4)

David Praff
Kurikulum ialah seperangkat organisasi pendidikan formal atau pusat-pusat pelatihan. Definisi tersebut dijelaskan sebagai berikut:
·           Rencana tersebut dalam bentuk tulisan
·           Rencana itu ialah rencana kegiatan
·           Kurikulum berisikan hal-hal sebagai berikut:
-          Siswa mau dikembangkan kemana?
-          Bahan apa yang akan diajarkan?
-          Bagaimana cara mengevaluasinya?
-          Bagaimana kualifikasi guru yang diperlukan?
·           Kurikulum dilaksanakan dalam pendidikan formal.
·           Kurikulum disusun secara sistematik. ( Dakir, 2004:5)

Donald F. Gay (1960) dalam Asnah Said, menggunakan beberapa perumusan kurikulum sebagai berikut:
·         Kurikum terdiri atas sejumlah bahan pelajaran yang secara logis.\
·         Kurikulum terdiri atas pengalaman belajar yang direncanakan untuk membawa perubahan perilaku anak.
·         Kurikulum merupakan desain kelompok sosial untuk menjadi pengalaman belajar anak di sekolah.
·         Kurikulum terdiri atas semua pengalaman anak yang mereka lakukan dan rasakan di bawah bimbingan belajar. ( Dakir, 2004:5)

Nengly dan Evaras (1967)
Kurikulum adalah semua pengalaman yang direncanakan yang dilakukan oleh sekolah untuk menolong para siswa dalam mencapai hasil belajar kepada kemampuan siswa yang paling baik. ( Dakir, 2004:5)

Inlow (1966)
Kurikulum adalah susunan rangkaian dari hasil belajar yang disengaja.Kurikulum menggambarkan dari hasil pengajaran. ( Dakir, 2004:6)

Saylor (1958)
Kurikulum adalah keseluruhan usaha sekolah untuk mempengaruhi proses belajar mengajar baik secara langsung dikelas, di tempat bermain, ataupun di luar sekolah. ( Dakir, 2004:6)

            Dapat disimpulkan bahwa kurikulum ialah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran untuk mempengaruhi proses belajar mengajar baik secara langsung dikelas, di tempat bermain, ataupun di luar sekolah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar