Masalah
belajar adalah masalah yang selalu aktual dan dihadapi oleh setiap orang, dan
merupakan kondisi tertentu yang dialami oleh murid dan menghambat proses
belajarnya. Maka dari itu banyak ahli-ahli membahas dan menghasilkan berbagai
teori tentang belajar. Dalam hal ini tidak dipertentangkan kebenaran setiap
teori yang dihasilkan, tetapi yang lebih penting adalah pemakaian teori-teori
itu dalam praktek kehidupan yang paling cocok dengan situasi kebudayaan kita.
Secara
individual, tingkat keberhasilan belajar tiap siswa berbeda-beda sesuai besar
usaha atau dapat dikatakan seberapa giat dan tekunkah mereka belajar. Selama
proses belajar berlangsung, tentu tidak terlepas dari faktor-faktor yang
mempengaruhi siswa baik dari faktor internal yang berasal dari dalam diri siswa
maupun faktor eksternal yang berasal dari luar diri siswa. Sehingga bagi
pelajar sendiri adalah penting untuk mengetahui faktor-faktor yang dimaksud.
Hal ini menjadi lebih penting lagi tidak hanya bagi pelajar tetapi juga bagi
calon-calon pendidik, pembimbing dan pengajar di dalam mengatur dan
mengendalikan faktor-faktor yang mempengaruhi belajar sedemikian sehingga dapat
terjadi proses belajar yang optimal.
Permasalahan
belajar yang dialami siswa dapat dikelompokan dalam beberapa jenis, diantaranya
yaitu : Keterlambatan akademik, kecepatan dalam belajar, kurangnya motivasi
belajar, sikap atau kebiasaan buruk dalam belajar, rajinnya mengikuti kegiatan
belajar mengajar, dan kelemahan-kelemahan khusus yang dimiliki siswa.
1.
Faktor Internal
·
Gangguan secara fisik : yaitu gangguan
atau kelainan yang diiliki oleh siswa sejak lahir maupun akibat hal-hal
tertentu secara fisik. Seperti kurang berfungsinya organ-organ tertentu,
gangguan panca indra, cacat tubuh, serta penyakit menahun.
·
Gangguan mental dan emosional : yaitu
adanya gangguan secara mental dari dalam diri siswa untuk mengontrol emosinya
sehingga mengakibatkan siswa sulit untuk belajar.
·
Tingkat kecerdasan : yaitu lendahnya
tingkat kecerdasan siswa baik dalam IQ, SQ, EQ yang dapat menghambat proses
belajar siswa di sekolah.
·
Kebiasaan dan sikap : yaitu kebiasan dan
sikap buruk siswa yang terus dilakukan dan mengakibatkan kebiasaan dan sikap
buruk dalam belajar yang member dampak langsung terhadap pembelajaran siswa.
2.
Faktor Eksternal
·
Sekolah
Sekolah
merupakan tempat utama terjadinya aktifitas belajar siswa, sekolah sangat
berpengaruh terhadap keberhasilan belajar siswa. dan beberapa hal dari sekolah
yang menyebabkan masalah belajar siswa adalah :
-
Kurikulum yang kurang fleksibel
-
Terlalu berat beban belajar dan mengajar
-
Metode pengajaran yang kurang tepat
-
Kurangnya sarana dan prasarana belajar,
dsb
·
Keluarga
Keluarga
merupakan tempat awal bagi seorangg anak untuk belajar. Keluarga sangat
berpengaruh terhadap keberhasilan belajar anak. Dan permasalahan-permasalahan
yang ada di dalam keluarga tentu saja memberikan pengaru kepada anak seperti
halnya keluarga yang tidak harmonis, kurangnya perhatian orang tua terhadap
anaknya, keadaan ekonomi, dan keluarga yang tidak utuh.
·
Lingkungan
Lingkungan
tempat tinggal, tempat bermain dan tempat bergaul anak dapat mempengaruhi
proses belajar anak, seperti halnya pergaulan yang buruk, lingkungan yang tidak
mendukung ataupun yang lainnya.
Maka dari itu sebagai orang dewasa tentu saja kita harus
memperhatikan keberhasilan perkembangan pendidikan anak-anak, agar tidak
terjadi permasalahan belajar yang dapat menghambat tercapainya tujuan
pembelajaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar