Kata media berasal dari bahasa Latin yang adalah
bentuk jamak dari medium batasan mengenai pengertian media sangat luas, namun
kita membatasi pada media pendidikan saja yakni media yang digunakan sebagai
alat dan bahan kegiatan pembelajaran.
Mengapa
perlu media dalam pembelajaran? Pertanyaan yang sering muncul mempertanyakan
pentingnya media dalam sebuah pembelajaran.Kita harus
mengetahui dahulu konsep abstrak dan konkrit dalam pembelajaran,karena proses
belajar mengajar hakekatnya adalah proses komunikasi,penyampaian pesan dari
pengantar ke penerima. Pesan berupa isi/ajaran yang dituangkan ke dalam
simbol-simbol komunikasi baik verbal (kata-kata& tulisan) maupun
non-verbal, proses ini dinamakan encoding. Penafsiran simbol-simbol komunikasi
tersebut oleh siswa dinamakan decoding.
Ada kalanya penafsiran berhasil, adakalanya
tidak.Kegagalan/ketidakberhasilan dalam memahami apa yang didengar,
dibaca,dilihat atau diamati. Kegagalan/ketidakberhasilan atau penghambat dalam
proses komunikasi dikenal dengan istilah barriers atau noise. Semakin banyak verbalisme
semakin abstrak pemahaman yang diterima. Lantas dimana fungsi media? Ada
baiknya kita melihat diagram cone of learning dari Edgar Dale yang secara jelas
memberi penekanan terhadap pentingnya media dalam pendidikan:
Secara umum media mempunyai kegunaan:
1.
memperjelas pesan agar tidak terlalu
verbalistis.
2.
mengatasi keterbatasan ruang, waktu
tenaga dan daya indra.
3.
menimbulkan gairah belajar,
interaksi lebih langsung antara murid dengan sumber belajar.
4.
memungkinkan anak belajar mandiri
sesuai dengan bakat dan kemampuan visual, auditori & kinestetiknya.
5.
memberi rangsangan yang sama,
mempersamakan pengalaman & menimbulkan persepsi yang sama.
Selain itu, kontribusi media pembelajaran menurut Kemp and Dayton, 1985:
1.
Penyampaian pesan pembelajaran dapat
lebih terstandar
2.
Pembelajaran dapat lebih menarik
3.
Pembelajaran menjadi lebih
interaktif dengan menerapkan teori belajar
4.
Waktu pelaksanaan pembelajaran dapat
diperpendek
5.
Kualitas pembelajaran dapat
ditingkatkan
6.
Proses pembelajaran dapat
berlangsung kapanpun dan dimanapun diperlukan
7.
Sikap positif siswa terhadap materi
pembelajaran serta proses pembelajaran dapat ditingkatkan
8.
Peran guru berubahan kearah yang
positif
DAFTAR PUSTAKA
Gntrdwprst. [2013]. Perbedaan Media dan Alat Peraga.
[Online]. Tersedia: https://gntrdwp.wordpress.com/2013/02/18/perbedaan-media-dengan-alat-peraga/. [9
Desember 2016].
Tidak ada komentar:
Posting Komentar